Berkunjung ke Kantor Headquarters Baidu di Beijing

10.32



Agenda pertama kami pada hari ketiga di Beijing adalah mengunjungi kantor pusat Baidu untuk pertemuan dengan Tim penyelenggara Baidu International Marketing Competition. Kantor Baidu ini terletak di jalan Shangdi 10th Street, Haidian District, Beijing, 100085, China. Haidian District adalah sebuah wilayah yang bisa dibilang sebagai pusat pendidikan dan teknologi kota Beijing. Karna selain terdapat lebih dari 15 universitas, disini juga terdapat banyak kantor-kantor perusahaan teknologi. Selain Baidu, di daerah ini juga ada kantor headquarters Xiaomi, Microsoft Research Asia, kantor perwakilan Google, kantor R&D Lenovo, dan banyak lainnya.

Begitu sampai di kantor Baidu, aku amazed banget karna ternyata bangunannya luas sekali. Kira-kira sekitar 91500 m2 atau 12 kali lapangan bola dan menampung sekitar 3.000 karyawan. Wah banyak juga ya?

Kantor pusat Baidu pertama kali dibangun pada tahun 2007 dan selesai 2 tahun kemudian yaitu di tahun 2009. Desain bagian luar kantor ini simple seperti bangunan perkantoran lainnya namun di bagian dalam sangat unik dan modern. Btw kantor headquarters Baidu ini juga punya nama beken loh, yaitu The Search Box. Disebut demikian karna awalnya Baidu merupakan perusahaan penyedia layanan pencarian (search engine) dan saat membangun kantor pusatnya yang berbentuk kotak-kotak maka disebutlah The search box. 

Denah Kantor Pusat Baidu

Nah pintu masuk ke dalam kantor Baidu itu terletak di kotak bagian tengah (lihat denah). Seperti biasa ketika masuk gedung akan ada meja resepsionis dimana kita harus menukarkan ID Card dengan stiker pengunjung. Karna disini aku adalah warga negara asing maka aku harus menukarkan stiker dengan paspor Indonesia. Sekali kali dong ngerasain jadi bule, HAHA..

Setelah dapet stiker, kita dipersilahkan duduk di lobby sementara menunggu orang yang ngundang kita ke kantor Baidu datang buat jemput. Sepertinya keamanan disini cukup ketat, hanya di lobby ini yang aku liat agak santai dan bisa diakses siapa saja. Sedangkan kalau mau ke bagian lain atau ke lantai atas ada security gate yang harus dibuka pake ID card building. Sementara kita hanya pake stiker pengunjung jadi ga bisa kemana-mana deh. 

Bagian lobby kantor Baidu HQ

Setelah tim yang ngundang kita datang baru deh kita jalan ke ruang pertemuan di lantai 3. Menuju kesana kita menggunakan tangga berjalan alias eskalator dan melewati lantai 2 dimana terdapat ruangan luas yang ga tau apa namanya. Jadi diruangan tersebut dapat digunakan karyawan untuk bersantai ngbrol-ngbrol atau bekerja jika jenuh duduk di ruang kantor.

Sayang seribu sayang ternyata di dalam kantor Baidu ini kita tidak diperbolehkan menggunakan kamera. Ga tau kenapa ya, mungkin karna kita datang kesini buat pertemuan jadi bukan liputan media sehingga ga ada ijin buat ngambil poto. Yaah kecewa pemirsa 😣

Padahal di dalam kantor Baidu ini banyak hal yang menarik loh soalnya lengkap semua ada dalam satu gedung. Mulai dari toko souvenir yang jual pernak-pernik serba Baidu, kantin aneka menu yang bahkan ada halal corner nya, tempat nge-gym, hingga sleeping room buat karyawan yang kali aja lagi cape hehe. Arsitekturnya juga unik-unik tapi sayang ga bisa di potoin semua. Hiks

Ruangan di lantai 2 Baidu HQ
Sleeping Room di Baidu HQ
Source: photos.jordanpouille.com

Sampai di lantai 3 kita langsung masuk ke ruang meeting yang ga terlalu besar, ya kira-kira cukup untuk sekitar 20-an orang. Agenda pertemuan kita adalah diskusi mengenai kegiatan Baidu Marketing Competition serta hal-hal lainnya. Kegiatan berjalan lancar selama kurang lebih 2 jam. Selain tim dari Indonesia juga ada teman-teman dari Macau yang bergabung dengan kita di forum diskusi ini. Senang juga bisa bertemu dengan mereka, mudah-mudahan dengan mengenal kebudayaan dan karakter negara lain dapat membuka pikiran kita lebih luas lagi.



Selesai yang serius-serius, saatnya sekarang kita bersenang-senang. HAHA.. Next stop kita diajak Baidu mengunjungi Forbidden City untuk menyelusuri kehidupan kaisar Tiongkok di jaman dulu. 

Wah sounds interesting! Let's Go!

You Might Also Like

0 komentar

.