Santai Seru di Pantai Panjang Bengkulu

00.30



Ada yang bilang katanya kita belum sah ke Bengkulu kalau belum mampir ke Pantai Panjang. Benarkah?

Yappiiiieee! Pantai ini emang merupakan wisata pantai yang paling populer di Bengkulu karna hanya berjarak sekitar 15 menitan aja dari pusat kota. Dinamakan Pantai Panjang karna emang pantai ini panjaaaaaaangggggg banget! Dengan garis pantai yang mencapai 7 km dan lebar pantai sekitar 500 meter. Pantai ini merupakan salah satu pantai terpanjang di Indonesia dan juga bahkan Se-Asia Tenggara. Uh keren lah 😍

Pantai Panjang terletak di Kecamatan Ratu Agung, Kecamatan Teluk Segara, dan juga Kecamatan Ratu Samban. Mungkin karna saking panjangnya ya jadi ngelewatin 3 kecamatan sekaligus HEHE.. Tapi jangan khawatir kalau mau kesini karna akses lokasinya mudah banget. Bisa pakai kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Kalau bawa kendaraan sendiri terus nyasar tinggal tanya aja sama orang-orang soalnya pasti pada tau secara pantai paling famous seantero Bengkulu.

Aku ke Pantai Panjang bersama keluarga karna lagi libur lebaran, dan kebetulan di Bengkulu juga ada sahabatku namanya Roza Aprilia yang sedang menempuh karir di kota ini (Ceileh karir 😆). Lumayan kan sahabatku ini bisa jadi guide selama di Bengkulu HEHE.. 




Btw beberapa tahun lalu aku juga pernah main ke Pantai Panjang tapi suasana nya masih datar datar aja. Kalau sekarang sih kayaknya udah mulai diperhatikan sama Pemerintah Daerah. Sudah ada pembangunan Landmark Pantai Panjang buat selfie selfie kece, Sport Centre sebagai pusat olahraga, serta Jogging Track sepanjang pantai bagi pejalan kaki. Selain itu disini kita juga bisa menikmati berbagai kegiatan seru seperti bersepeda, naik delman, main sepak bola atau voli, serta memancing di sekitar Pantai Panjang. Pokoknya sekarang udah lebih oke deh. TOP 👌

Cuman sayangnya disini kita dilarang keras untuk berenang di sepanjang Pantai Panjang karna ombak dan arus di pantai ini cukup kuat jadi dianggap berbahaya. Eitsss jangan sedih dulu dong karna ada kok bagian pantai yang aman kalau kamu ingin bermain-main air atau berenang santai. Area ini terletak agak di ujung pantai yang menuju ke arah Pantai Tapak Paderi. Nah disini kamu bebas deh mau ngubek ngubek air lautnya asalkan jangan terlalu jauh dari bibir pantai ya.

Oya permainan seperti banana boat, jet ski dan sejenisnya juga tidak akan ditemui disini karna dianggap cukup berbahaya untuk melakukan aktivitas tersebut. Tapi buat kamu yang suka berselancar, Pantai Panjang memiliki spot selancar atau surfing berkelas internasional loh. Terdapat sekitar 30 spot berselancar yang aman dan menantang dengan ketinggian ombak yang bisa mencapai 5 meter. Disini juga sudah terbentuk komunitas Surfing Bengkulu jadi kalau kamu tertarik bisa gabung dengan komunitas tersebut.




Yang jadi agenda wajib kalau main ke pantai tentu saja minum es kepala muda yang seger sambil memandang ombak ombak di lautan yang saling berkejaran. Ahh rasanya tuh ademm.. Nah di sepanjang Pantai Panjang banyak terdapat penjual kelapa muda atau dogan. Selain itu juga ada berbagai aneka kuliner khas bengkulu serta hidangan laut. Dan tenang aja harganya ga menguras kantong kok soalnya jajanan seafood disini tuh masih mureh banget. Surga deh 😂 

Kalau kamu bosen sama pemandangan laut, kamu juga bisa main ke Mall yang ada di kawasan pantai ini. Namanya Bengkulu Indah Mall atau disingkat BIM dan letaknya tepat di seberang Pantai Panjang banget jadi tinggal jalan kaki juga nyampe HEHE.. Disana juga ada Hypermart dan Matahari kalau kalau kamu mau belanja serta berbagai resto dan fast food kalau bosen sama jajanan laut. Atau buat kamu anak muda kekinian bisa juga main ke cafe-cafe yang ada di sepanjang Pantai Panjang. Beberapa Cafe ada yang menyediakan live music juga loh.

Jika kamu berencana menginap di Bengkulu, di sepanjang Pantai Panjang juga terdapat beragam penginapan atau motel dengan harga terjangkau. Aku sama keluarga aku juga nginep di salah satu penginapan di kawasan Pantai Panjang ini. Tapi nama penginapannya aku lupa apa HEHE.. Penginapannya menghadap ke laut dan warnaya ungu. Yang milih buat nginep disana adek bungsuku si Jessica Laras, karna katanya imut kayak rumah berbie. Harga penginapannya sekitar 350 ribu semalam per rumah. Meskipun bentuknya rumah tapi dalamnya kamar kok, ala ala kamar hotel gtu. Ada ruang tidur dan kamar mandi dengan fasilitas lengkap sepeti TV, AC, meja rias, lemari, dan tempat tidur untuk dua orang. Kamipun pesan dua kamar, satu untuk orang tua dan satu untuk anak anak. Serta tambahan 50 ribu untuk satu extra bed.






Keunikan Pantai Panjang adalah di pinggir pantai nya terdapat banyak pohon cemara dan pinus yang tinggi. Inilah yang berbeda dengan Pantai Panjang dibandingkan kebanyakan pantai pada umumnya yang dominan ditumbuhi pohon kelapa. Pohon cemara dan pinus tersebut menambah kesejukan suasana di sekitar pantai sehingga banyak juga yang bersantai ataupun piknik di bawah pepohonan. SERU.

Hal menarik lainnya adalah karna di sekitar pantai tidak ada karang maka saat air laut pasang akan menjangkau sangat jauh ke dalam bibir pantai. Sehingga ketika air laut surut hamparan pasir putihnya menjadi semakin luas. Pemandangan hamparan pasir putih yang luas serta semilir angin pantai yang masih alami dan sejuk inilah yang menjadi ciri khas Pantai Panjang Bengkulu. Memandang deburan ombak dari pantai ini bisa bikin kita lupa waktu loh saking asiknya menikmati pemandangan alam yang luar biasa indah. Masya Allah..








Sore menjelang matahari terbenam adalah waktu yang paling ditunggu tunggu. Karna memang kecantikan sunset di Pantai Panjang sudah sangat melegenda sehingga banyak yang ingin menikmati langsung panorama alam yang indah ini. Selama beberapa hari di Bengkulu aku juga selalu menghabiskan sore di sekitar Pantai Panjang soalnya ketagihan ngeliat sunsetnya. Adem tenang menyejukan. Rasanya ga pernah puas HEHE.. 

Betapa sungguh luar biasa nya pemilik alam ini ya?



You Might Also Like

1 komentar

  1. Link hoki hari ini
    - rajakartu99.net
    - rajakartu99.org


    Silahkan di coba ya boss:)

    BalasHapus

.