One Day Trip ke Phi Phi Islands dari Krabi Thailand

00.23


Cihuuuuyy akhirnya bisa main ke Phi Phi islands! 😍

Alhamdulillah ga nyangka kesampaian juga menikmati langsung keindahan pantai kepulauan Phi Phi Thailand yang mansyur permai dikata orang *lah malah nyanyi. Anywei pantai ini adalah salah satu wish list dari ribuan banyak tempat yang pengen aku kunjungi HEHE.. Makanya rasanya luar biasa seneng banget!

Phi Phi Islands atau yang dalam bahasa Thailand disebut Ko Phi Phi adalah gugusan pulau-pulau yang terletak di Provinsi Krabi Thailand Selatan. Phi-phi Islands sendiri terdiri 2 bagian, yaitu Phi Phi Don dan Phi Phi Leh. Phi Phi Don adalah pulau terbesar dalam kepulauan Phi Phi dan merupakan satu-satunya pulau yang berpenghuni, di pulau ini juga terdapat hotel dan resort bagi para turis yang ingin menginap.

Sedangkan Phi Phi Leh merupakan pulau-pulau kecil disekitar Phi Phi Don yang tidak berpenghuni. Salah satu pulau kecil di bagian ini adalah Maya Bay. Pasti pada tau kaannn? Sepertinya Maya Bay inilah yang bikin Phi Phi Islands jadi terkenal. Karna disini pernah dijadiin lokasi syuting film THE BEACH yang dibintangi Leonardo DiCaprio alias sang mantan, HAHA..

Welcome to Phi Phi National Park

Untuk menuju ke Phi Phi Islands dari Krabi ternyata sangat gampang karna terdapat banyak agen travel yang menawarkan paket tour di sepanjang pantai Ao Nang. Sebenernya untuk mengunjungi Phi Phi Islands selain dari Krabi juga bisa melalui Phuket cuman jaraknya lebih jauh. Lama perjalanan dari Phuket ke Phi Phi Islands menggunakan Speedboat sekitar 2 jam, sedangkan dari Krabi hanya 1 jam saja. 

Di Krabi harga paket tour yang ditawarkan oleh agen travel ternyata berbeda-beda, makanya kita harus pinter milih milih plus tawar menawar. Rata-rata harga paket One Day Tour yang ditawarkan berkisar antara 1,000 - 1,500 THB (Thai Baht), dan itu biasanya belum termasuk biaya masuk Phi Phi National Park sebesar 400 bath. Setelah ngubek ngubek berbagai agen travel akhirnya dapet juga paket One Day Tour murah meriah sebesar 800 THB plus tiket National Park 400 THB sehingga totalnya jadi 1,200 THB (sekitar 450 ribu rupiah). Lumayan 😂

Nah dengan paket One Day Tour tersebut, kita akan diajak mengunjungi berbagai spot di Phi Phi Leh dan juga mampir untuk makan siang di Phi Phi Don. Harga paket juga sudah meliputi transportasi antar jemput dari hotel ke dermaga, biaya speedboat, makan siang, buah-buahan, air mineral, life jacket, peralatan snorkeling, tour guide, asuransi, dan juga tiket masuk Phi Phi National Park. Berikut adalah rangkaian jadwal perjalanan One Day Trip ke Phi Phi Islands:

08.00   Dijemput dari hotel menuju meeting point di Krabi Tharua boat pier (Ao Nang)
09.00   Berangkat menggunakan Speedboat
10.00   Phi Phi Leh
               - Bamboo Island 
               - Viking Cave
               - Loh Samah Bay
               - Pileh Bay
               - Maya Bay 
               - Monkey Beach
13.00   Phi Phi Don - Makan Siang
14.30   Snorkeling
16.00   Kembali ke Krabi Tharua boat pier (Ao Nang)
17.00   Diantar menuju hotel  


http://www.seaeagletour.com/


❤️ BAMBOO ISLAND 

Pulau Bamboo adalah pemberhentian pertama kita dalam rangkaian trip Phi Phi Islands. Disini semua peserta tour diharuskan turun dari kapal, jadi emang udah peraturannya selama tour kalau kita berenti di pulau semua penumpang harus turun. Tas dan barang-barang lainnya boleh disimpen di kapal. Insya Allah aman karna disimpen dalem lemari dan dijagain sama mba guide nya. Cuman kita juga tetep harus hati-hati. Jadi meskipun aku selalu ninggalin tas di kapal kalau turun ke pulau, tapi begitu naik kapal lagi aku langsung periksain semua barang bawaan. Kalau bukan kita sendiri yang memperhatiin, siapa lagi ya kan? *moto jomblo* 😂 

Di pulau ini kita hanya berhenti sebentar sekitar 50 menit. Kegiatan yang dilakukan juga bebas, mau berenang renang cantik di pantai, mau berjemur jemur manjah, atau mau keliling pulau 7 putaran juga boleh, HAHA.. Karna bebas jadi semua penumpang pada berpencar untuk melakukan kegiatan masing-masing. Beberapa bule yang tadi sekapal dengan kami langsung nyemplung ke laut, sebenernya aku juga pengen main air tapi cuacanya masih panas bangeeet. Akhirnya aku dan temanku mencari spot adem buat nyantai-nyantai sambil nyemil. Setelah muter muter akhirnya kami dapat spot dibawah pohon rindang yang menghadap ke arah laut. 

Dan Masha Allah pulau ini cantik bangeeet, sepanjang mata memandang nampak keindahan laut berwarna hijau tosca, air yang bening dan pasir yang putih bersih. Berada disini seolah sedang melihat lukisan alam yang luar biasa indahnya. BETAAAAHHH...  






❤️ VIKING CAVE 
Perjalanan selanjutnya adalah menuju Viking Cave, yaitu goa yang terdapat di dinding batu kapur sebuah pulau. Dinamakan Viking karena didalam gua tersebut ditemui lukisan perahu khas Viking. Viking adalah suku bangsa dari Skandinavia yang berprofesi sebagai pedagang, peladang, dan paling terkenal sebagai perompak di antara tahun 800 dan 1050. Sayangnya pulau tersebut sedang tidak aman untuk dikunjungi sehingga kami tidak diperbolehkan masuk kedalam goa dan hanya meliat dari atas kapal saja. Jadi pulau tersebut sekarang dalam kondisi yang agak membahayakan karna dikhawatirkan akan ada bagian yang runtuh. Kami pun hanya berhenti sekitar 15 menit saja sambil mendengarkan penjelasan dari tour guide mengenai sejarah Viking Cave.

❤️ LOH SAMAH BAY DAN PILEH BAY 
Berikutnya kami menuju Loh Samah Bay dan Pileh Bay. Kedua tempat ini merupakan laguna yang dibatasi oleh deretan pulau-pulau pergunungan limestone. Disini kami hanya numpang lewat saja dengan laju kapal yang diperlambat sambil menikmati keindahan pemandangan alam yang luar biasa cantiknya. Kemudian di salah satu spot kapal berhenti sebentar dan kami dipersilahkan untuk berpoto manjah di bagian depan speedboat dengan latar pemandangan limestone dipadu laguna berwarna hijau tosca. Ya tentu dong kesempatan ini tidak akan dilewatkan, demi eksistensi! 😂 



❤️ MAYA BAY 

Yuhuuuu akhirnya sampai juga di pulau yang di nanti nantikan!

Buat yang pernah nonton film THE BEACH pasti jadi pada ngidam kesini soalnya Maya Bay di film tersebut bener-bener di ekspos keindahannya, makanya para turis pun jadi pada berdatangan karena penasaran akan rupa elok pulau ini. Dulu pas jaman SMA nonton film ini karna ditayangin RCTI cuma bisa mimpi bisa kesini, tapi Alhmdulillah beberapa tahun kemudian kesampaian juga. Dan ketika ngerasain langsung berada di pulau ini rasanya puas bangeeeeeeeeeet. Emang bener Maya Beach tuh T.O.P. B.G.T deh.. 

Sama seperti di Bamboo Island, disini aktifitas nya juga bebas jadi terserah mau kemana aja asalkan setelah 45 menit harus balik lagi ke kapal. Lumayan juga waktunya buat eksplor keindahan Maya Beach. Untung nya kita agak telat datang kesini jadi pas kapal-kapal lain udah pada pergi menuju Phi Phi Don untuk makan siang, kita masih ada waktu beberapa menit buat menikmati Maya Beach yang ga terlalu rame. Rezeki anak sholeh nih, HEHE..





❤️ MONKEY BEACH
Setelah dari Maya Bay, kita mampir dulu ke Monkey Beach sebentar sebelum menuju Phi Phi Don untuk istirahat makan siang. Sesuai namanya Monkey Beach adalah sebuah pantai yang dihuni oleh kawanan monyet. Tapi di pantai ini kita ga turun, kapal hanya mendekat agar kita bisa melihat monyet-monyet yang bertebaran di pulau ini. Jumlahnya jangan ditanya, ga keitung deh, banyaaak. Aku aja sampai takut ngebayangin gimana kalau monyet-monyet disini pada nge-invasi kapal kita yang makin lama makin mepet ke pulau. Ihhh kan syereemm 🙈
  
❤️ PHI PHI DON
Puas ngeliatin monyet kita pun langsung menuju Phi Phi Don yang merupakan pulau terbesar di kawasan Phi Phi Islands. Pulau ini sudah memiliki penghuni tetap, dan disini juga terdapat banyak hotel dan resort bagi turis yang ingin menginap. Kami diberi waktu 1,5 jam untuk makan siang dan beristirahat atau sekalian melaksanakan ibadah sholat untuk umat muslim. Kita makan siang disalah satu resto yang ada disini. Makanannya lumayan komplit, ada nasi dan lauk pauknya, sayur mayur, ada pasta pastaan, ada buah-buahan, dan semuanya enyaaak. Cuman karna makanan disajikan secara buffet, jadi ngantri nya lumayan juga bok kayak lagi kondangan. Tapi plusnya kita bisa nambah makanan sepuasnya, HEHE..   

❤️ SNORKELING
Setelah istirahat selesai, kita langsung menuju kegiatan terakhir yaitu Snorkeling. Yeyy!
Anaknya excited banget nih kalau mau snorkeling meskipun ga jago berenang, HAHA.. Spot snorkeling hanya beberapa menit dari Phi Phi Don. Begitu sampai kelihatannya area ini ga di tengah laut banget karena jarak ke pantai lumayan cukup dekat. Awalnya aku kira mungkin kondisinya sama kayak spot Snorkeling di Pulau Tikus Bengkulu yang dangkal dan airnya tenang. Tapi pas nyemplung ternyata dalem sodara sodara, untungnya aku pake life jacket alias pelampung. Kedalaman area snorkeling disini mungkin lebih dari 2 meteran dan menurutku ini cukup dalem soalnya aku ga setinggi itu jadi tapak kakinya ga nyampe ke dasar laut. HAHA.. yaiyalah. Makanya agak lumayan takut kelelep, ditambah airnya juga bergelombang kenceng jadi makin takut kebawa arus 😓

Tadinya mau naik lagi ke kapal, tapi kan sayang udah jauh jauh kesini masa cuma duduk di kapal. Yauda akhirnya aku berani berani in deh main main air sambil pegangan sama temenku. Eh terus lama kelamaan mulai keasikan sendiri muter sana muter sini ngeliatin berbagai jenis ikan dan terumbu karang di bawah laut. Seruuuuuuu!




Menjelang pukul 4 waktu snorkeling abis karna kita mau balik ke Krabi. Semua penumpang lalu naik ke kapal dan mengembalikan peralatan snorkeling. Sebelum berangkat tour guide terlebih dahulu membagikan minuman serta buah-buahan sebagai cemilan setelah lelah bermain air. Alhamdulillah setelah seharian keliling Phi Phi Islands akhirnya ditutup dengan yang seger seger 😂 

Kapal pun siap melaju kembali ke Krabi Tharua Boat Pier...
By Ayu Raminda

You Might Also Like

1 komentar

.